-->

Notification

×

Indeks Berita

Klik Gambar Untuk Mendengarkan

Maksimalkan Jangkauan Anda dengan Algoritma Media Sosial

Jumat, 18 Oktober 2024 | Oktober 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-18T07:57:20Z

Esther Van den Eynde is the content marketing manager at StoryChief.io. She is passionate about helping content agencies, B2B marketers, and freelancers create better content, develop marketing strategies, and improve their social media presence. Join her at StoryChief where she publishes interesting and informative content about content marketing, social media and SEO.

 



Selamat datang di medan pertempuran algoritma media sosial! Di dunia media sosial yang serba cepat, di mana 80% pemasar bersaing untuk meraih mahkota keterlibatan media sosial yang sulit diraih , kami siap membantu Anda.

Dalam postingan blog ini, kami menganalisis berbagai algoritma untuk semua platform utama pada tahun 2024 (Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter (X), TikTok, Pinterest, dan YouTube) dan kami memberikan kiat-kiat yang dapat ditindaklanjuti tentang cara membuat algoritma tersebut bekerja untuk Anda.

Saat kita menyelami misteri algoritmik, ketahuilah bahwa StoryChief adalah jalan pintas Anda menuju manajemen media sosial yang efektif. Cobalah gratis ! 🙌

Kami akan terus memperbarui artikel ini sepanjang tahun dengan berita, kiat, dan trik untuk membantu Anda menguasai jangkauan organik pada tahun 2024 dan seterusnya.

Daftar isi

Apa itu algoritma media sosial?

Algoritma media sosial adalah kalkulasi otomatis yang memutuskan posting media sosial mana yang akan muncul di bagian atas feed Anda dan mana yang tidak. Dalam hal ini, algoritma media sosial sebenarnya memastikan Anda hanya melihat posting yang menarik bagi Anda di bagian atas halaman Anda.

Secara keseluruhan, faktor utama dalam sebagian besar algoritma media sosial pada tahun 2024 adalah:

  • Jumlah keterlibatan yang diterima konten tersebut (terutama dalam jangka waktu yang singkat)
  • Seberapa besar Anda cenderung terlibat dengan konten kreator tersebut secara umum

Mari selami algoritma media sosial tahun 2024!

Dalam laporan oleh Content Marketing Institute ini , kita melihat bagaimana penggunaan platform media sosial organik oleh pemasar B2B telah berubah pada tahun 2023.

Sumber: Content Marketing Institute

1. Algoritma Facebook

algoritma facebook 2023
Indonesia

Dengan  2,5 miliar pengguna aktif bulanan , Facebook masih menjadi platform media sosial teratas dalam hal jumlah pengguna. Akan tetapi, raksasa media sosial ini mendapat banyak kecaman dari kalangan bisnis karena sulitnya mendapatkan jangkauan organik dengan halaman bisnis (dibandingkan dengan profil pengguna biasa).

Mari kita lihat bagaimana konten terkait bisnis dapat masuk ke umpan media sosial organik pengguna tanpa memanfaatkan halaman bisnis untuk memposting konten.

Postingan teman-teman pengguna dalam grup muncul jauh lebih sering di umpan berita daripada sebelumnya. Anda dapat membangun persahabatan dan pengikut untuk membahas bisnis, langsung dari akun pribadi Anda.

Algoritma media sosial 2020: contoh postingan yang dapat muncul di umpan berita seseorang

Cara kerja algoritma Facebook

Berikut adalah beberapa faktor penentu algoritma media sosial ini:

  • Memprioritaskan konten dari teman dan anggota keluarga dibandingkan bisnis
  • Sangat memprioritaskan konten dari orang-orang yang berinteraksi dengan Anda (orang-orang yang postingannya Anda komentari dan sukai, atau yang Anda kirimi pesan)
  • Prioritaskan jumlah dan panjang komentar
  • Memprioritaskan jumlah reaksi dan variasi reaksi
  • Menampilkan konten terbaru dari teman-teman terbaik Anda dan konten yang paling diminati dari teman-teman yang jarang berinteraksi dengan Anda
  • Jenis konten yang paling sering Anda lihat akan ditampilkan paling sering. Jika Anda lebih sering menonton video, Anda akan melihat lebih banyak video di Umpan Anda

Pembaruan untuk tahun 2023 & 2024

Pembaruan paling signifikan untuk tahun 2023 & 2024:

  • Algoritme Facebook memprioritaskan posting di Grup dan Acara. Desain ulang mereka lebih menekankan pada hal ini, karena keduanya merupakan "dua alasan terbesar orang mengunjungi Facebook setiap hari."
  • Tagar: Facebook telah menerapkan daftar tag yang direkomendasikan saat Anda membuat kiriman.

Tips untuk menang di Facebook pada tahun 2024

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan algoritma Facebook di pihak Anda pada tahun 2024 (selain menjalankan iklan berbayar).

  • Jika berlaku, gunakan profil Anda sebagai pemilik bisnis atau mulai program advokasi karyawan .
  • Tetapkan postingan ke 'publik' untuk menarik perhatian pengikut.
  • Ajukan pertanyaan untuk menginspirasi keterlibatan.
  • Posting konten yang mendorong komentar yang bermakna dan panjang (bukan hanya "Foto yang bagus").
  • Manfaatkan video Facebook (tidak harus langsung!).

2. Algoritma Instagram

Algoritma media sosial Instagram dijelaskan pada tahun 2023
Instagram

Dalam hal keterlibatan, Instagram jauh lebih unggul daripada Facebook. Konten merek di Instagram memperoleh tingkat keterlibatan sebesar 1,6% . Mari kita lihat bagaimana pemilik bisnis memanfaatkan Instagram.

Dalam contoh ini, seorang pelatih kebugaran meminta saran keputusan berbelanja kepada audiensnya, dan sebuah situs edukasi pemasaran menawarkan tutorial mini dalam postingan berjenjang.

halaman perusahaan instagram hubspot algoritma 2023

Bagaimana algoritma media sosial ini bekerja

Algoritma Instagram memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Prioritaskan postingan dengan jumlah like terbanyak
  • Lebih menyukai postingan yang sangat baru (dibuat dalam beberapa menit setelah pengguna masuk)
  • Prioritaskan postingan dari profil yang sering digunakan oleh pengguna
  • Mendukung postingan dari tagar yang diikuti pengguna
  • Terkadang menunjukkan postingan dengan interaksi yang hebat dari suatu profil dan menggunakan tagar yang tidak diikuti oleh pengguna
  • Dipercaya memperlakukan konten merek dan konten konsumen secara setara
  • Anda dapat 'Favoritkan' pengguna dan kreator untuk memastikan Anda tidak pernah melewatkan pembaruan mereka

Pembaruan untuk tahun 2023 & 2024

Meskipun selalu ada kekhawatiran bahwa Instagram akan mulai menurunkan konten dari profil bisnis, masih ada bukti bahwa hal ini benar. Pada tahun 2024, semakin banyak pengguna melihat konten dari profil yang tidak mereka ikuti (bukan di tab Discover, tetapi di feed utama mereka). Untuk meningkatkan peluang terjadinya hal itu, fokuslah untuk mendapatkan keterlibatan dari pengikut inti Anda.

Instagram telah mengumumkan atas dasar apa mereka memutuskan apakah mereka  merekomendasikan konten Anda atau tidak . Poin terpentingnya adalah:

  • Postingan yang berisi clickbait atau engagement bait tidak direkomendasikan
  • Kontes atau hadiah tidak direkomendasikan
  • Konten yang diambil kembali dari sumber lain tanpa nilai tambah tidak direkomendasikan

Instagram juga telah mendaftarkan Reels, versi TikTok mereka sendiri. Beberapa akun Instagram telah meledak sejak menggunakan fitur baru ini, jadi mungkin ada baiknya untuk meluangkan waktu dalam jenis konten ini.

Tips untuk menang di Instagram pada tahun 2024

Bagaimana Anda dapat menguasai salah satu algoritma media sosial yang paling menantang di tahun 2024? Mari kita lihat:

  • Bereksperimenlah dengan Instagram Reels untuk melibatkan dan memikat audiens Anda.
  • Berinteraksi dengan konten pengikut selama jam pertama setelah Anda memposting sesuatu.
  • Selama tiga jam pertama setelah Anda memposting sesuatu, segera tanggapi setiap komentar.
  • Tulislah keterangan yang bermakna.
  • Ajukan pertanyaan dalam keterangan Anda untuk melibatkan audiens Anda lebih baik.
  • Tidak ada satu cara untuk menerapkan tagar, jadi bereksperimenlah dengan tagar dan  strategi tagar yang berbeda .
  • Manfaatkan Instagram Stories untuk mendapatkan jangkauan yang lebih organik dengan audiens Anda tanpa memengaruhi gaya kohesif feed Anda.
  • Tetaplah konsisten! Algoritme ini akan menurunkan peringkat Anda jika Anda memposting secara acak. Anda harus memposting sekali sehari, sekali setiap dua hari, atau dua kali seminggu (apa pun yang dapat Anda lakukan). Kiat: Cobalah membuat konten yang menarik secara visual secara berkelompok dan gunakan alat perencanaan konten pihak ketiga untuk mempertahankan jadwal yang konsisten dalam memposting konten yang menarik.

Siapa yang punya waktu untuk mengungkap seluk-beluk setiap algoritma? Anda seorang kreator konten, bukan detektif! Ketahuilah bahwa StoryChief adalah jalan pintas Anda menuju keterlibatan media sosial. Cobalah gratis ! 🙌

“Dengan memusatkan strategi konten kami dengan StoryChief, kami meningkatkan perolehan prospek sebesar 300% dan meningkatkan keterlibatan LinkedIn sebesar 500%” - Tim Overton, CTO di Modo Energy

3. Algoritma LinkedIn

algoritma media sosial linkedin 2023
LinkedIn

Tahukah Anda bahwa 89% pemasar B2B menggunakan LinkedIn? Mari kita lihat beberapa postingan yang berhasil mencapai puncak algoritma LinkedIn.

Berikut adalah postingan LinkedIn yang meminta komentar sebagai bentuk bantuan:

Contoh Algoritma Media Sosial 2020 tentang bagaimana seharusnya tampilan postingan LinkedIn

Meskipun postingan ini tidak banyak diminati, orang yang mempostingnya gigih di LinkedIn. Dia memposting setiap hari, dan dia selalu berada di tiga postingan teratas di feed LinkedIn saya!

Ini menunjukkan bahwa konsistensi bisa lebih penting daripada sekadar mengumpulkan like.

Cara kerja algoritma LinkedIn

Sejauh yang dapat kami para pemasar pahami, algoritma LinkedIn melakukan hal berikut:

  • Prioritaskan konten dari pengguna yang pernah berinteraksi dengan Anda di masa lalu dan yang memposting secara konsisten
  • Memprioritaskan konten dari pengguna yang mendapatkan banyak keterlibatan, meskipun Anda cenderung tidak menyukai atau mengomentari postingan mereka
  • Lebih suka komentar yang panjang daripada reaksi yang banyak. Cobalah untuk mendapatkan komentar sebanyak mungkin dalam 2 jam pertama untuk meningkatkan jangkauan kiriman Anda.
  • Semakin sering Anda berinteraksi dan mengomentari postingan orang lain, semakin banyak pula postingan Anda yang akan diprioritaskan. Jadi, berinteraksilah dan tambahkan nilai pada postingan yang relevan.
  • Lebih suka konten asli seperti posting teks, gambar dengan teks, dan video dengan teks. Cobalah untuk beralih di antara berbagai jenis posting. Tambahkan beberapa posting 'pribadi' tentang pembelajaran, dsb. Inilah yang disukai audiens di LinkedIn ! 😍
  • Prioritaskan konten dari halaman pribadi daripada halaman bisnis. Namun, Anda dapat memanfaatkannya jika Anda menyertakan advokasi karyawan dalam strategi konten Anda .

Pembaruan untuk tahun 2023 & 2024

Meskipun video LinkedIn masih penting pada tahun 2024, kini tidak seperti saat pertama kali mereka mengizinkan pengguna mengunggah video. Saat itu, algoritme jelas memprioritaskan video apa pun di bagian atas feed. Kini, video harus mendapatkan interaksi yang baik agar diprioritaskan, tetapi mungkin masih sedikit lebih unggul daripada konten statis.

Pada tahun 2024, LinkedIn melanjutkan tren yang mereka mulai pada tahun 2019, yaitu memprioritaskan konten dari mega influencer dan memberi pengguna kesempatan untuk melihat konten dari orang-orang yang tidak terkenal di internet dalam jaringan mereka.

Pengusaha dan pemasar Jesse van Doren dengan ramah berbagi pengalaman perusahaannya dengan perubahan algoritma LinkedIn terkini.

Tentu saja, ini adalah informasi anekdotal, jadi tidak dapat dihitung sebagai hukum algoritma yang tegas. (Ingat: tidak ada yang bisa. Platform media sosial tidak mempublikasikan detail algoritma, jadi kita semua harus bergantung pada pengalaman pribadi.)

Sulit untuk mengatakan apakah tautan dengan komentar di tempat pertama benar-benar diturunkan peringkatnya, tetapi jika Anda khawatir tentang hal ini, Anda selalu dapat meminimalkan penggunaan taktik tersebut. Pastikan Anda membuat konten asli yang tidak perlu menautkan ke apa pun dalam komentar.

Pembaruan besar LinkedIn lainnya untuk tahun 2024 adalah bahwa mereka sekarang memperhitungkan "waktu tunggu" dalam algoritme mereka. Jika audiens Anda menghabiskan banyak waktu mencerna konten Anda, kemungkinan lebih banyak orang akan melihatnya. Cobalah taktik ini dengan bereksperimen dengan posting teks panjang dan dokumen berjenjang.

Tips untuk menang di LinkedIn pada tahun 2024

Berikut ini yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dan keterlibatan dari LinkedIn:

  • Manfaatkan profil pemilik bisnis dan karyawan, bukan hanya halaman bisnis. Pelajari betapa mudahnya StoryChief memasukkan advokasi karyawan dalam strategi konten Anda .
  • Posting berbagai jenis konten: teks, gambar, dan video. Lihat konten mana yang memberikan dampak paling signifikan terhadap upaya.
  • Tetaplah konsisten! Algoritma ini pasti akan menurunkan kualitas konten Anda jika Anda memposting secara acak. 4 kali seminggu tampaknya menjadi waktu yang tepat bagi kebanyakan orang, tetapi jika Anda benar-benar ingin meningkatkan performa Anda, mulailah memposting sekali sehari. Membangun rekam jejak Anda sangatlah penting.
  • Jangan takut untuk memposting tautan eksternal sesekali. Pastikan saja sisa postingan Anda dioptimalkan untuk algoritme dan Anda akan baik-baik saja.
  • Pastikan untuk membuat konten yang dapat memicu percakapan. Posting yang benar-benar berhasil dalam algoritma LinkedIn akan mendapatkan komentar yang lebih panjang dan berkualitas tinggi, bukan hanya hal-hal seperti "luar biasa!" atau "bagus!".

4. Algoritma Twitter (X)

algoritma twitter 2023
Twitter

Dengan  330 juta pengguna aktif bulanan  dan  152 juta pengguna aktif harian , Anda tidak dapat sepenuhnya mengabaikan Twitter (X). Twitter (X) masih penting dalam ruang B2B.

Jika Anda tidak yakin apakah hal tersebut sepadan dengan waktu Anda, luangkan waktu di sana — periksa pesaing, perusahaan lain, tagar populer, dan topik yang sedang tren — untuk mengetahui apakah audiens target Anda aktif di Twitter (X) dan apa saja postingan dengan performa terbaik di industri Anda.

Mari kita lihat beberapa contoh postingan yang akan mendapat skor baik berdasarkan algoritma media sosial pada tahun 2024.

Mendapatkan retweet masih menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan Anda di Twitter (X).

Algoritma Media Sosial 2020: Contoh retweet

Membuat konten yang sangat visual di Twitter (X) kini lebih penting dari sebelumnya.

algoritma twitter posting visual

Hal yang sama berlaku untuk utas Twitter . Utas di Twitter (X) adalah serangkaian Tweet yang saling terhubung, yang digunakan untuk memberikan konteks dan informasi tambahan tentang topik tertentu. Berikut tampilan utas di Twitter (X):

utas twitter badai tweet

Cara kerja algoritma media sosial Twitter (X)

Dari semua algoritma media sosial, Twitter (X) lebih banyak memperhitungkan keterkinian daripada yang lain. Namun, ada karakteristik lain juga.

  • Prioritaskan konten terkini (24 jam terakhir) dengan jumlah keterlibatan tertinggi dari pengguna yang Anda ikuti
  • Mendukung konten yang diposting baru-baru ini (dalam hitungan menit)
  • Prioritaskan konten dengan retweet dan komentar dibanding like

Pembaruan untuk tahun 2023 & 2024

Twitter (X) akan terus memprioritaskan tweet dengan keterlibatan tinggi dan tweet terkini, sehingga volume dan frekuensi masih penting di platform ini.

Kami juga melihat tingkat keterlibatan yang lebih tinggi ketika:

  • Tweet berisi hingga dua hashtag dan 100 karakter
  • Tweet berisi tautan gambar
  • Anda secara khusus meminta pengikut Anda untuk me-retweet

Tips untuk menang di Twitter (X) pada tahun 2024

  • Tweet 2 hingga 8 kali sehari untuk hasil terbaik.
  • Manfaatkan seluruh 280 karakter hanya pada posting tertentu (ketika membagikan sesuatu yang informatif).
  • Ajukan pertanyaan untuk mendapatkan keterlibatan.
  • Buat jajak pendapat Twitter (X) sebulan sekali.
  • Segera tanggapi semua komentar dalam 2-3 jam pertama setelah mengirimkan tweet.
  • Cobalah topik Twitter .

5. Algoritma TikTok

Mari kita mulai dengan meluruskan fakta. TikTok sebenarnya bukan lagi tentang tarian (jika memang pernah ada). Jika Anda memberikan nilai, platform ini adalah tambang emas untuk menumbuhkan kesadaran merek.

Terkait TikTok, tagar dan waktu posting tidak akan menjadi masalah. Satu-satunya hal yang penting bagi algoritma TikTok adalah metrik waktu tonton. Pada dasarnya, jika Anda ingin memengaruhi metrik waktu tonton, semuanya bergantung pada seberapa bagus dan berkualitas video Anda.

Video yang bagus dan menarik akan ditonton lebih lama dan akan muncul di halaman 'Untuk Anda' milik orang-orang. Halaman Untuk Anda ini merupakan umpan yang sangat personal dan unik untuk setiap pengguna.

Algoritme TikTok sangat ahli dalam mengambil suka dan tidak suka dari pemirsanya berdasarkan cara Anda berinteraksi dengan video lain sebelumnya. Platform ini terus menampilkan video yang sangat tertarget dan relevan semakin banyak waktu yang Anda habiskan di TikTok.

TikTok bukan lagi tentang tarian. Jika Anda memberikan nilai, itu adalah tambang emas untuk menumbuhkan kesadaran merek.

Mari selami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap algoritma TikTok pada tahun 2024.

Cara kerja algoritma media sosial TikTok

Saat Anda mengunggah video di TikTok, video tersebut pertama kali ditayangkan dan diuji kepada beberapa ratus penonton. Apakah penonton merasa bosan dan menggulir ke video berikutnya, apakah mereka menonton video Anda sampai akhir, atau bahkan menontonnya beberapa kali?

Setelah video Anda tampil baik di babak pertama, TikTok akan terus mengujinya dengan audiens yang lebih besar. Jika video Anda tampil baik di semua atau sebagian besar aspek, video tersebut akan ditampilkan di halaman Untuk Anda. Berikut ini adalah hal-hal tentang algoritmanya yang telah diungkapkan oleh TikTok:

Indikator minat yang kuat, seperti apakah pengguna selesai menonton video yang lebih panjang dari awal hingga akhir, akan menerima bobot lebih besar daripada indikator yang lemah, seperti apakah pemirsa dan pembuat video berada di negara yang sama.

Faktor-faktor ini, dalam urutan khusus ini, menentukan seberapa banyak video Anda akan ditayangkan:

  • Waktu tonton
  • Saham
  • Menyimpan
  • Komentar
  • Suka
algoritma tiktok 2023

Tips untuk menang di TikTok pada tahun 2024

  • Berusahalah untuk mengisi konten Anda dengan nilai. Baik mendidik, menginspirasi, atau menghibur audiens Anda untuk membuka halaman For You yang diinginkan.
  • TikTok adalah platform berkecepatan sangat tinggi yang bergantung pada tren dan suara yang sedang tren. Umumnya, tren muncul di platform media sosial lain beberapa hari, minggu, atau bulan setelah tren tersebut mulai menjadi tren di TikTok. Untuk memanfaatkan ini dan memaksimalkan penayangan untuk akun Anda, cobalah memanfaatkan suara yang sedang tren yang dapat ditemukan di platform tersebut.
  • Fokus pada konten yang sangat khusus. Jika video Anda bagus, video tersebut memiliki cara alami untuk menarik perhatian audiens targetnya.
  • Generasi muda menggunakan TikTok sebagai mesin pencari. Telusuri kata kunci yang sedang tren di TikTok dengan mengetikkan kata kunci di bilah pencarian aplikasi. Tambahkan kata kunci ini di seluruh bio Anda, sebutkan di video Anda, tambahkan sebagai subtitel, dll.
  • Membuat video untuk TikTok bisa jadi praktik yang menyita waktu. Buat video secara massal dan jadwalkan dengan alat penjadwalan pihak ketiga seperti StoryChief.

Otomatiskan posting ke Facebook, Twitter (X), Linkedin, Instagram, Instagram Reels, TikTok, Pinterest, dan masih banyak lagi. Cobalah gratis ! 🙌

6. Algoritma Pinterest

algoritma pinterest tahun 2023
Pinterest

Generasi milenial wanita  merupakan kelompok teratas pengguna aktif, jadi menguasai algoritma Pinterest akan bermanfaat bagi waktu Anda jika itu target pasar Anda.

Ada juga komunitas aktif lainnya di Pinterest, khususnya pemasar B2B.

Dalam ruang pemasaran B2B, Pinterest merupakan cara hebat untuk berbagi infografis dan mengarahkan lalu lintas kembali ke postingan blog asli dengan infografis yang disematkan.

Algoritma media sosial 2020: contoh infografis yang menarik pemasar B2B

Pinterest sangat populer di kalangan blogger, yang menggunakan situs ini untuk mendapatkan lalu lintas organik dalam jumlah ribuan atau bahkan ratusan ribu setiap bulan.

Bagaimana algoritma media sosial ini bekerja

Algoritma Pinterest memiliki karakteristik berikut mengenai apa yang muncul di umpan utama Anda:

  • Prioritaskan pin yang baru dan terkini
  • Prioritaskan pin dengan keterlibatan terbanyak (repin dan komentar)
  • Menurunkan prioritas pin yang dipin ulang seseorang ke terlalu banyak papan
  • Menurunkan prioritas pin dari grup dengan ratusan atau ribuan kontributor

Penting untuk dicatat bahwa umpan berita Pinterest bukanlah satu-satunya tempat pengguna melihat konten. SEO sangat penting bagi Pinterest karena banyak pengguna menemukan konten baru dengan mencari minat mereka di bilah pencarian.

Pembaruan untuk tahun 2023 & 2024

Pinterest akan melanjutkan tren yang mereka tetapkan pada tahun 2022, 2023, dan 2024, yaitu menurunkan peringkat pin spam dalam algoritme. Para pengguna harus berhati-hati saat menyematkan pin yang sama di lusinan papan grup, dan papan grup dengan terlalu banyak kontributor tidak lagi memiliki jangkauan distribusi seperti dulu. Algoritme Pinterest juga semakin berkembang dalam kemampuannya untuk memeriksa kualitas visual pin dan memeriksa apakah pin hanya disematkan ke papan yang relevan.

Bagi Pinterest, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Jadi, sebaiknya Anda mengunggah lebih sedikit konten, tetapi lebih baru dan berkualitas lebih tinggi.

Tips untuk menang di Pinterest pada tahun 2024

  • Sematkan gambar berkualitas tinggi (panjang gambar tidak lagi sepenting dulu).
  • Sematkan hanya pada papan yang relevan.
  • Sertakan frasa kunci SEO yang relevan di pin Anda.
  • Gunakan alat penjadwalan Pinterest seperti Tailwind untuk menjaga umpan Anda tetap segar.
  • Pin maksimal 50 konten per hari, namun sebaiknya Anda tetap antara 15 dan 25 (dan tidak lebih dari sepuluh papan per pin)

7. Algoritma YouTube

algoritma youtube 2023
Youtube

Meskipun YouTube masih kurang dimanfaatkan di ruang B2B, YouTube tetap merupakan platform yang penting.  73% dari seluruh orang dewasa di AS  menggunakan YouTube.

Algoritma YouTube terkenal rumit, dan ada beberapa cara untuk menampilkan konten pengguna.

Salah satu yang paling umum adalah setelah Anda menonton sesuatu, Anda diperlihatkan video yang terkait dengan topik itu atau oleh pembuat konten yang sama.

Algoritma media sosial 2020: contoh video youtube terkait yang akan Anda lihat

Bagaimana algoritma media sosial ini bekerja

YouTube itu rumit. Dan itu adalah salah satu algoritma media sosial di tahun 2024 yang tetap rumit juga. Ia memiliki fitur-fitur berikut:

  • Merekomendasikan konten video yang terkait dengan apa yang sebelumnya Anda tonton.
  • Merekomendasikan konten video dari pembuat konten yang sama dengan yang pernah Anda tonton.
  • Mendukung video viral (mendapatkan keterlibatan dan waktu tonton dalam jumlah besar dalam waktu singkat), meskipun itu tidak relevan bagi Anda.
  • Memungkinkan Anda beralih ke langganan Anda dan menampilkan video dari langganan Anda dalam urutan kronologis terbalik.

Seperti Pinterest, YouTube juga memiliki algoritma, yang berarti mengoptimalkan SEO konten YouTube Anda sangatlah penting.

Pembaruan untuk tahun 2023 & 2024

Algoritme YouTube akan terus mempertimbangkan kemungkinan pengguna berinteraksi dengan saluran Anda dan jenis konten yang Anda posting. Pada tahun 2024, hubungan Anda dengan pelanggan akan jauh lebih penting daripada jumlah pelanggan Anda. Pastikan pelanggan Anda memahami tema saluran Anda dan tahu apa yang diharapkan dari Anda.

Tips untuk menang di YouTube pada tahun 2024

  • Satu atau dua menit dalam video Anda, mintalah pemirsa untuk "menekan tombol suka atau berkomentar" jika mereka menikmati video tersebut, sehingga Anda meningkatkan keterlibatan.
  • Optimalkan SEO semua video YouTube Anda.
  • Posting secara konsisten sehingga konten Anda muncul di bagian atas umpan langganan.
  • Tulis komentar yang bermakna pada video dalam bidang Anda (tanpa meminta orang untuk melihat saluran Anda).
  • Gunakan saluran pemasaran lain untuk mendapatkan penayangan dan keterlibatan pada video Anda dalam beberapa jam pertama setelah diposting. Gunakan saluran media sosial lain dan buletin email Anda.
  • Jadikan beberapa detik pertama dan beberapa menit pertama video Anda sangat menarik dan langsung ke intinya. Jangan bertele-tele, atau Anda akan mendapatkan rasio pentalan yang tinggi dan waktu tonton yang rendah.

Pecahkan Kode Algoritma Media Sosial pada tahun 2024

Itulah dia – informasi terkini tentang algoritma media sosial tahun 2024. Sekarang, apakah Anda siap untuk merevolusi permainan media sosial Anda ?

Otomatiskan, analisis, dan kuasai kehadiran media sosial Anda dengan StoryChief. Ucapkan selamat tinggal pada kerumitan algoritma, dan sambut manajemen konten yang efisien dan efektif.

"Sejak mengadopsi StoryChief, perolehan prospek kami meningkat pesat hingga 300%, dan keterlibatan LinkedIn kami mencapai titik tertinggi sepanjang masa dengan lonjakan 500%!" - Tim Overton, CTO di Modo Energy

Ambil langkah pertama menuju penguasaan media sosial dengan StoryChief. Cobalah gratis sekarang dan saksikan dampak transformatifnya pada strategi konten Anda.

sumber : https://storychief.io/blog/social-media-algorithms-updates-tips

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update