-->

Notification

×

Indeks Berita

Klik Gambar Untuk Mendengarkan

​SAHABAT NEWS : Hargai Cabai Melonjak, Dinas Perdagangan Belum Mengambil Tindakan

Kamis, 09 Februari 2017 | Februari 09, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2018-03-15T07:07:21Z
[caption width="550" align="alignnone"]Ket Gambar : Lonjakan Harga Cabai Pekan ini menembus harga sekitar Rp 80 ribu perkilogramKet Gambar : Lonjakan Harga Cabai Pekan ini menembus harga sekitar Rp 80 ribu perkilogram[/caption]

SAHABAT NEWS, PINRANG -- Lonjakan Harga Cabai Pekan ini menembus harga sekitar Rp 80 ribu perkilogram yang dulunya hanya berkisaran 13-15 ribu rupiah perkilonya naik menjadi 80 ribu rupiah perkilo. Rabu, (08/02/2017). 



Waginah Salah satu pedangang mengatakan Naiknya harga Cabai berdampak pada berkurangnya Pembeli , "Harga cabai sekarang 80 ribu perkilonya yang hanya laku sedikit-sedikit, hanya laku terjual 5 kilo dua hari dan biasanya laku10 kilo perhari, kadang dua hari, tidak tentu. Harganya dulu hanya 13 ribu-15 ribu per kilo," katanya. 



Sementara pada harga bawang putih masih diangka penjualan normal, namun nantinya akan mengalami kenaikan harga pula. Harga untuk saat ini masih berkisaran antara 32-33 ribu perkilonya. 



"Saya jual bawang putih kadang-kadang 32 atau 33 ribu perkilonya yang penting ada untung sedikit. Katanya bawang butih mau naik juga, tinggal kampas yang datang nanti, kalau jadi naik saya jual naik juga." jelasnya dengan tersenyum pedagang asli bayuwangi itu. 



Rosmiati selaku Kepala Seksi Sarana Perdagangan dan Barang Kebutuhan Pokok Dinas Perdagangan Kota Parepare menyebutkan akibat naiknya karena gagal panennya cabai dan harga semakin melonjak Dinas Perdagangan akan operasi pasar. 



"Cabai sekarang naik dengan harga 80 ribu perkilonya karena gagal panen diberbagai daerah. Kalau melonjak sekali hingga 100 ribu perkilo maka kami adakan operasi pasar. Itu saja langkah kami karena sekarang belum terlalu melonjak," ujarnya. 



Tambahnya, mengenai keluhan para penjual terkait kenaikan harga cabai yang dulunya hanya 13-15 ribu perkilonya menjadi 80 ribu perkilonya, ia menanggapi bahwa hal itu normal-normal saja. 


"Sekarang masih normal-normal ini, tidak seperti kalau di Jawa seratusan lebih kalau di sinikan masih 80-an maksimal dan kecuali kalau sudah diatas 100 ribu kami adakan operasi pasar," jelasnya.


Diketahui cabai yang di jual pedagang berasal dari Kabupaten Pinrang dengan Kabupaten Enrekang dibandrol harga 78 ribu rupiah dalam perkilonya.(*)



Penulis : Husnil 

Editor    : Abdoel 

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update